Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat dan Memeriksa Sistem Pengisian Kendaraan

Cara Merawat dan Memeriksa Sistem Pengisian Kendaraan - Sistem pengisian merupakan suatu sistem utama yang berfungsi sebagai penyuplai kebutuhan arus listrik ke seluruh komponen kelistrikan ketika kendaraan dalam kondisi hidup. Merawat system pengisian secara berkala merupakan upaya untuk memastikan charging system dalam kondisi baik. 

Perawatan pada sistem pengisian meliputi memeriksa komponen system pengisian yaitu accu, fuse, fusebelink, indicator pengisian, belt, arus dan tegangan pengisisan.

Pemeriksaan baterai harus dilakukan secara secara periodik agar baterai selalu dalam kondisi yang baik, dan tidak menimbulkan gangguan saat kendaraan beroperasi. 

Pemeriksaan Sistem Pengisian

Pemeriksaan Baterai

Pemeriksaan baterai meliputi:

  1. Pemeriksaan Visual
  2. Pemeriksaan elektrolit 

Pemeriksaan Visual

Cara Merawat dan Memeriksa Sistem Pengisian Kendaraan

Pemeriksaan visual merupakan pemeriksaan dengan cara mengamati bagian-bagian baterai. Bagian–bagian baterai yang sering mengalami kerusakan diantaranya:

  1. Kotak baterai retak/ elektrolit bocor
  2. Terminal baterai korosi, kendor atu tutup pelindung hilang.
  3. Kabel baterai korosi, isolator retak atau keras
  4. Jumlah elektrolit baterai kurang atau berlebihan
  5. Klem baterai kendor atau karat
Info lebih lengkap Cara Memeriksa Baterai

Pemeriksaan Elektrolit Baterai

Pemeriksan elektrolit baterai : pemeriksaan jumlah dan berat jenis elektrolit. 

Jumlah elektrolit baterai harus selalu dikontrol, jumlah yang baik adalah diantara tanda batas Upper dan Lower Level. Jumlah elektrolit yang kurang dari yang ditentukan dapat menyebabkan sel baterai cepat rusak, sedang jumlah elektrolit berlebihan menyebabkan tumpahnya elektrolit saat batarai panas akibat pengisian atau pengosongan berlebihan. Bila jumlah elektrolit baterai kurang maka harus ditambah, untuk menambah jumlah elektrolit yang kurang cukup dengan menambah air suling.

Pemeriksaan berat jenis elektrolit baterai menggunakan hydrometer. Pemeriksaan berat jenis elektrolit baterai merupakan salah satu metode untuk mengetahui kapasitas energi listrik yang tersimpan pada baterai. Baterai penuh pada suhu 20 ÂșC mempunyai berat jenis 1,27-1,28, dan baterai kosong mempunyai Bj 1,100 -1,130. 

Pembahasan lebih lengkap Cara Mengukur Berat Jenis Baterai

Pemeriksaan Sekring/Fusesibelink

Sekering merupakan alat pengaman rangkaian dari arus berlebihan akibat hubung pendek maupun beban berlebihan.

Terdapat dua model sekering yaitu model tabung (cartridge) dan model blade. Ganti sekering dengan bentuk dan ukuran yang sama, Bila saat dipasang sekering selalu putus cari dahulu penyebabnya. jangan ganti sekering dengan ukuran yang lebih besar karena sangat berbahaya.

Fuseblelink berfungsi sebagai alat pengaman sekelompok rangkai dari beban berlebihan atau hubung singkat, sama dengan fuse tetapi ukuran lebih dari 30A.

Pembahasan lebih lengkap mengenai Fuse dan Fusiblelink

Pemeriksaan Lampu Pengisian

Lampu pengisian berfungsi sebagai indicator sistem pengisian. Saat mesin hidup dan sistem pengisian berfungsi maka lampu akan mati, namun bila sistem pengisian tidak berfungsi maka lampu inikator akan menyala. Lampu indicator pengisian dipasang pada panel meter kombinasi dengan gambar baterai.

Pemeriksaan Belt

Belt berfungsi untuk memindahkan daya putar mesin ke alternator, bila belt aus, karet sudah keras, tegangan kurang akan menyebabkan efisiensi pemindahan daya rendah atau terjadi slip. Mengatasi hal tersebut maka lakukan pemeriksaan belt dengan langkah kerja sebagai berikut:

Periksa kondisi V belt, dan pasang V belt alternator, pemeriksa tegangan dengan cara menekan V belt dengan kekuatan 10 Kg maka difleksi belt lama sebesar 7 – 10 mm dan belt baru 5-7 mm.
Untuk jenis multi V belt periksa pemasangan dengan pully. Pemeriksaan Belt tipe multi V. Besar difleksi untuk belt lama sebesar 7-8 mm, sedangkan belt baru 5-7 mm. Bila menggunakan alat seperti gambar 45 maka tegangannya baru 45-55 kg, lama 20-35 kg

Memeriksa Arus dan Tegangan Pengisian

Post a Comment for "Cara Merawat dan Memeriksa Sistem Pengisian Kendaraan"