Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga - Ketika kalian menggunakan kendaraan, kalian pasti mengamati bahwa roda kendaraan kalian dapat berputar. Untuk kendaraan dengan transmisi manual kalian mungkin sadar bahwa ketika gigi transmisi kita posisikan pada posisi netral, ataupun kita menginjak kopling maka roda kendaraan tidak lagi berputar, mengapa bisa demikian?

Singkatnya hal ini bisa terjadi karena pada kendaraan yang kita pakai memakai suatu sistem pemindah tenaga, dimana tenaga yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam silinder di transmisikan melalui suatu mekanisme tertentu yang disebut sebagai power train kendaraan. Lalu apa itu power train?

Pengertian Power Train / Pemindah Tenaga

Power train merupakan suatu sistem yang mengatur transfer tenaga dari engine sampai ke roda.

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga
Komponen sistem pemindah tenaga

Fungsi power train / Pemindah Tenaga

  • Memutuskan dan menghubungkan tenaga dari engine
  • Mengubah kecepatan dan torsi
  • Membuat kendaraan bisa bergerak maju dan mundur
  • Menyamakan distribusi tenaga pada roda, sehingga kendaraan bisa berbelok.

Jenis power train / Pemindah Tenaga

  1. Mechanical
  2. Hidrostatic
  3. Electrostatic

Mechanical Power Train

Sistem Pemindah Daya (Power Train)

Komponen utama Mechanical Power train:

Engine              
Menghasilkan tenaga

Kopling          
Memutuskan dan menghubungkan putaran dari mesin ke transmisi

Transmisi    
Mengontrol kecepatan, arah, dan torsi ke komponen power train berikutnya

Diferensial     
Meneruskan tenaga ke final drive dan memungkinkan membuat roda kiri dan roda kanan berputar pada kecepatan yang berbeda

Final Drive/Rear Axel      
Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda dan sekaligus memikul berat kendaraan.

Kendaraan yang sering kalian lihat memiliki konstruksi yang berbeda beda dalam peletakan mesin dan proses transmisi tenaganya? Untuk kendaraan zaman sekarang mungkin kalian familiar dengan mesin-mesin yang berada di depan. Tapi ternyata setidaknya ada 4 jenis sistem pemindah tenaga. 

Pemindah tenaga pada umumnya dibagi kedalam klasifikasi sebagai berikut:

  1. FF (Front Engine Front Wheel Drive)
  2. FR (Front Engine Rear Wheel Drive
  3. RR (Rear Engine Rear Drive)
  4. FWD (Four Wheel Drive) 

Front Engine Front Wheel Drive 

Kendaraan dengan tipe ini memiliki mesin yang terdapat di depan dan menggerakan roda depan.

Sistem perpindahan tenaganya adalah dari engine - Clutch -Transmisi - Differential - Front Axle - Roda 

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga

Front Engine Rear Wheel Drive 

Kendaraan dengan tipe ini memiliki mesin yang terdapat di depan dan menggerakan roda belakang

Sistem perpindahan tenaganya adalah dari engine - Clutch -Transmisi - Propeler shaft - Differential - Rear Axle - Roda

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga

Rear Engine Rear Wheel Drive

Kendaraan dengan tipe ini memiliki mesin yang terdapat di belakang dan menggerakan roda belakang

Sistem perpindahan tenaganya adalah dari engine - Clutch -Transmisi - Differential - Rear Axle - Roda
Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga


Four Wheel Drive
Kendaraan dengan mesin yang menggerakan roda depan dan roda belakang

 

Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga

Itulah sedikit ulasan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga (power train). Untuk tau lebih jauh mengenai cara kerja dari power train kalian bisa baca pada artikel lain di tekniku.id

Post a Comment for "Pengertian, Fungsi, dan Komponen Sistem Pemindah Tenaga"