Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen Transmisi dan Cara Kerja Transmisi Manual

Komponen Transmisi dan Cara Kerja Transmisi ManualTransmisi manual, juga dikenal sebagai transmisi kendaraan roda empat atau transmisi gigi, adalah bagian penting dari sistem penggerak kendaraan. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam transmisi manual:

Gigi atau Rasio Gigi

Gigi Input (Gigi Primer): Ini adalah gigi yang dihubungkan langsung dengan poros engkol mesin. Gigi ini dapat diubah untuk menghasilkan rasio gigi yang berbeda.
Gigi Output (Gigi Sekunder): Gigi ini terhubung dengan poros output yang menuju ke diferensial dan kemudian ke roda kendaraan.

Poros Input dan Poros Output

Poros Input (Poros Primer): Menghubungkan gigi input dengan poros engkol mesin.
Poros Output (Poros Sekunder): Menghubungkan gigi output dengan sistem penggerak roda.

Kopling

Plat Kopling: Merupakan piring logam yang terhubung dengan poros input dan memiliki bahan gesekan yang dapat dihubungkan dan diputuskan untuk mentransfer daya dari mesin ke transmisi.

Pelat Tekan: Bertugas untuk menekan plat kopling untuk memutuskan hubungan antara plat kopling dan plat roda gila saat kopling dilepaskan.

Sistem Pengaturan Gigi

Lever Gigi: Bagian yang dapat digerakkan oleh pengemudi untuk memilih rasio gigi yang diinginkan.
Forx dan Shift Forks: Mekanisme yang digunakan untuk menggeser gigi di dalam transmisi. Forx dan shift forks membantu memindahkan gigi input ke gigi output yang diinginkan.

Bearing dan Bushing

Bantalan Poros: Digunakan untuk memberikan dukungan dan mengurangi gesekan pada poros input dan output.
Bushing Gigi: Mengurangi gesekan antara komponen yang bergerak, seperti shift forks dan gigi.

Diferensial

Diferensial: Terletak di ujung poros output dan memungkinkan roda berputar dengan kecepatan yang berbeda selama manuver kendaraan.

Sistem Pelumasan

Oli Transmisi: Digunakan untuk melumasi dan mendinginkan komponen transmisi, serta membantu dalam perpindahan gigi yang mulus.
Sensor dan Saklar:

Sensor Posisi Gigi: Memberikan informasi kepada sistem manajemen mesin tentang rasio gigi yang digunakan.
Saklar Kopling: Mendeteksi apakah kopling telah dilepaskan atau tidak, yang dapat mempengaruhi pengoperasian transmisi.

Setiap komponen ini bekerja bersama-sama untuk memastikan transisi yang mulus antara rasio gigi, memberikan kontrol pengemudi atas kecepatan dan daya kendaraan. Perawatan yang baik dan penggunaan yang benar dapat meningkatkan umur pakai transmisi manual.

Post a Comment for "Komponen Transmisi dan Cara Kerja Transmisi Manual"