Rangkaian Kelistrikan Lampu Rem dan Lampu Mundur
1. Rangkaian Lampu Rem
Apabila kita menginjak pedal rem, maka akan menyebabkan saklar lampu rem terhubung. Akibatnya, arus listrik dari baterai akan mengalir melalui sekring input, lalu keluar melalui sekring output. Setelah melewati sekring output, arus listrik tersebut melalui saklar lampu rem dan akhirnya mencapai lampu rem di sisi kiri dan kanan sebelum kembali ke ground.
Dalam kondisi tersebut, lampu rem akan menyala. Selama pedal rem tetap ditekan, lampu rem akan tetap menyala. Namun, lampu rem akan mati jika saklar terlepas atau jika pedal rem berada dalam posisi tanpa tekanan.
2. Rangkaian Lampu Mundur
Jika Kunci Kontak diputar ke posisi ON, Terminal B akan terhubung dengan Terminal IG. Selanjutnya, saat kita memindahkan tuas transmisi ke posisi R (Mundur), saklar pada tuas transmisi akan terhubung. Hal ini mengakibatkan arus listrik dari baterai mengalir melalui kunci kontak, fuse, saklar transmisi, dan menuju ke setiap lampu sebelum kembali ke ground. Akibatnya, lampu sebelah kiri dan kanan akan menyala.
Post a Comment for "Rangkaian Kelistrikan Lampu Rem dan Lampu Mundur"